Jumat, 05 Mei 2017

Literasi Keuangan

Literasi Keuangan


Apakah Literasi Keuangan itu?

Literasi Keuangan adalah kemampuan untuk memahami pengetahuan serta keterampilan untuk mengelola sumber daya keuangan untuk mencapai kesejahteraan.Menurut OJK literasi keuangan adalah rangkain proses atau aktivitasuntuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan dan keterampilan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik. Pada pasal 28 disitu dijelaskan bahwa OJK Berwenang memberikan informasi dan edukasi kepada masyaraat atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan dan produknya.Strategi nasional literasi keuangan indonesia secara resmi diresmikan pada tanggal 19 november 2013. Dan menjadi pedoman bagi seluruh otoritas keuangan, lembaga jasa keuangan dan para stakeholdersnya.
Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang dalam hal ini terdiri dari Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Perusahaan Efek, Penasihat Investasi, Bank Kustodian,DanaPensiun, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Lembaga Pembiayaan,Perusahaan gadai, dan perusahaan penjaminan, baik yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional maupun secara syariah wajib menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada konsumen dan atau masyarakat.
Secara yang kita tahu telah ada peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas jasa keuangan mengenai Surat Edaran nomor 1/SEOJK.07/2014 tanggal 14 Feb 2014 tentang Pelaksanaan Edukasi dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan kepada Konsumen dan/atau Masyarakat yang mulai berlaku sejak 6 Agustus 2014.
v . Rencana edukasi literasi paling kurang mencakup:
1.   penetapan program kerja Edukasi sesuai dengan sasaran, strategi dan kebijakan PUJK;
2.   evaluasi pelaksanaan rencana Edukasi periode sebelumnya;
3.   penetapan kebutuhan biaya dan asumsi yang digunakan dalam penyusunan rencana Edukasi.

v Pihak PUJK juga diwajibkan melakukan evaluasi atas pelaksanaan rencana edukasi tersebut, yang mencakup:
1.   perbandingan rencana Edukasi sebelumnya dengan realisasi pada setiap tahun;
2.   pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan hal-hal yang belum tercapai (jika ada) termasuk penjelasannya;
3.   pelaksanaan strategi dan kebijakan yang telah ditetapkan; dan kendala yang dihadapi dan upaya-upaya pemecahan masalah yang dilakukan.
v Pelaksanaan Edukasi berdasarkan kepada prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.   Inklusif
         Literasi Keuangan harus mencakup semua golongan masyarakat.
2.   Sistematis dan terukur
Literasi Keuangan disampaikan secara terprogram, mudah dipahami, sederhana, dan pencapaiannya dapat diukur.
3.   Kemudahan akses
Layanan dan informasi keuangan tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia dan mudah diakses.
4.   Kolaborasi
Yang dimaksud dengan kolaborasi adalah melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara bersama-sama dalam mengimplementasikan Literasi Keuangan.

Perlu diketahui bahwa Pelaksanaan Edukasi kepada Konsumen dan/atau masyarakat disesuaikan dengan kemampuan dari PUJK. Pelaksanaan Edukasi tidak mencakup pemasaran produk dan/atau layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh PUJK. Edukasi dititikberatkan untuk menginformasikan fitur dasar produk dan/atau layanan jasa keuangan termasuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan manfaat, biaya dan risiko. Kegiatan yang berupa pemberian bantuan sosial yang bersifat charity dapat merupakan pelaksanaan Edukasi apabila kegiatan tersebut dilakukan berkesinambungan dan dilaksanakan monitoring secara berkala.

RAFID ADHI PRAMANA/ EP 2015
155020101111023
PEREKONOMIAN INDONESIA / AE

1 komentar:

  1. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pinjaman Mr Pedro kepada siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan, dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi, saya memuji diri Anda dan staf Anda untuk layanan dan layanan pelanggan yang luar biasa, karena ini adalah aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi peminjam seperti saya. Berharap yang terbaik untuk masa depan Anda. Pak Pedro adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, ini email mereka. pedroloanss@gmail.com Atau WhatsApp: +18632310632   Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dengan tulus hati saya selamanya berterima kasih.
    Anda dapat menghubungi Mr Pedro Jerome untuk bantuan keuangan berikut seperti Home Loan, Car Loan, Business Loan, Personal Loan, Merchant Loan, Loan.

    BalasHapus